6 Manfaat yang Bisa Didapatkan Di Museum

Pergi ke museum semisal harga tiket masuk museum motomoto mungkin bukan cara yang dilakukan banyak orang di Indonesia, mayoritas dari mereka lebih suka mengunjungi tempat-tempat seperti gunung, pantai, danau, air terjun atau mal daripada museum.

Padahal, tur ke museum ini tidak kalah seru dan menarik dibandingkan dengan wisata alam. Selain bisa menambah pengetahuan dan wawasan, ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan saat mengunjungi museum.

  1. Tambahkan wawasan dan informasi

Tidak bisa dipungkiri, dengan mengunjungi museum kita akan memiliki wawasan lebih dan mendapatkan informasi baru yang mungkin belum pernah diketahui sebelumnya. Ada banyak jenis museum di Indonesia, mulai dari sejarah, seni, militer, biografi, militer, biologi dan lainnya.

Bagi Anda pelancong yang gemar menulis, tentu saja informasi yang diperoleh dari museum dapat memperkaya isi tulisan dengan data dan fakta, sehingga lebih berbobot dan berbeda dengan tulisan wisata pada umumnya.

  1. Singkirkan kelelahan

Selain mendapat informasi dan wawasan baru, mengunjungi museum juga bisa menghilangkan kepenatan dari aktivitas sehari-hari. Seperti kita ketahui, museum bisa dibilang seperti “tempat suci” yang tata letaknya diatur sedemikian rupa agar tidak berantakan.

Suasana tenang juga biasanya ada di setiap museum, plus ada berbagai karya seni dengan berbagai bentuk dan bentuk yang akan membuat kita berdecak kagum. Jadi bagi Anda yang sedang stres, museum bisa menjadi alternatif pilihan untuk bersantai sambil menikmati koleksi benda-benda menarik.

  1. Sebagai referensi visual

Kita mungkin sering membaca informasi tertentu dalam bentuk teks, seperti cerita sejarah. Di museum, Anda dapat langsung melihat visual informasi dalam bentuk diorama, patung, gambar, lukisan atau bentuk lain dengan penampilan yang menarik.

Mengunjungi museum pasti akan memberi Anda lebih banyak referensi visual tentang informasi atau acara yang akan membuat liburan Anda lebih menarik dan bermanfaat.

  1. Perjalanan waktu

Waktu tidak dapat dikembalikan sehingga kita tidak bisa menonton peristiwa yang terjadi di masa lalu. Tetapi dengan mengunjungi museum, Anda dapat menonton fragmen cerita yang terjadi di masa lalu.

Anda akan diundang untuk melakukan perjalanan melalui ruang dan waktu di waktu yang berbeda. Anda dapat pergi ke era sebelum kemerdekaan Indonesia, hari-hari awal kemerdekaan, atau bahkan lebih lama di zaman prasejarah. Liburan ke museum tentu akan lebih berkesan.

  1. Pengalaman unik

Di beberapa museum di Indonesia, Anda bisa langsung terlibat dalam kegiatan museum. Misalnya di Museum Layang-layang, Anda dapat mengambil bagian dalam lokakarya pembuatan layang-layang dan berlatih di tempat. Atau belajar batik di Museum Batik, Pekalongan.

Selain itu, melihat benda prasejarah atau bahkan fosil dan bentuk visual lainnya, ditemani oleh pemandu yang menceritakan penjelasan dan cerita tentu akan menjadi pengalaman unik yang bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi museum.

  1. Spot foto yang tidak kalah menarik

Meskipun terlihat kuno, museum ini memiliki banyak spot foto yang tidak kalah bagusnya dengan foto lanskap atau panorama. Anda bisa memanfaatkan arsitektur kuno museum untuk mendapatkan foto yang cerdas.

Bahkan, beberapa museum di Indonesia dibuat dengan desain dan penampilan yang sangat menarik. Misalnya Museum Harimau, Museum Mata Trick De Mata, Museum Transportasi dan lainnya. Jadi dengan mengunjungi museum, Anda juga akan memiliki banyak stok foto untuk media sosial.

Tunggu apa lagi? Ayo ke museum!